Langsung ke konten utama

Hangul Korea



hangul korea

Hangeul (한글; dibaca [ˈhɑːŋɡʊl]  adalah alfabet yang digunakan untuk menulis Bahasa Korea.Hangeul diciptakan oleh Raja Sejong yang Agung (1397-1450) pada tahun 1443 masa Dinasti Joseon.
Meskipun tulisan Hangeul terlihat seperti tulisan ideografik (tulisan dalam bentuk 'simbol' seperti aksara Tionghoa), Hangeul sebenarnya merupakan abjad fonetik atau alfabet, karena setiap hurufnya merupakan lambang vokal dan konsonan yang berbeda.
Alfabet Hangeul terdiri dari 24 huruf (jamo)— 14 huruf mati (konsonan) dan 10 huruf hidup (vokal).
(sumber: wikipedia.org)
Hangul korea sangat penting kita pelajari kalau kita ingin cepat bisa dalam belajar bahasa korea.karena hangul adalah dasar dari semua bahasa korea.dan juga di negara ginseng itu sangat jarang sekali kita menjumpai tulisan dengan menggunakan alfabet latin,semuanya hangul,kalau pun ada paling sekitar 1 %.
mempelajari hangul korea sama mudahnya dengan kita mempelajari abjad dasar bahasa kita sendiri contohnya bahasa indonesia, ( a,be,ce,de, dstnya ) hangul korea juga sama asal kita hafal bentuk simbol/huruf karena ada persamaan dengan abjad latin.
perhatikan tabel di bawah ini
o   14 Huruf Mati ( Konsonan )
g / k
n
d/t
r/l
m
b
s/t
ng
j/t
Ch/t

kh
th/t
f
h


o   10 Huruf Hidup ( Vokal )
a
ya
eo
yeo
o
yo
U
Yu
Eui
i

terus bagaimana agar huruf hangul korea itu bisa dibaca, menjadi suku kata atau kalimat? sama dengan prinsip belajar bahasa lain,yaitu menggabungkan huruf mati dengan huruf hidup atau sebaliknya,itu baru menjadi suku kata. contoh huruf mati (g) dengan huruf hidup (a) maka di baca ( ga ). dalam penyusunan huruf hangul korea menjadi kata ada aturan baku yaitu : ada susunan 3 huruf ada 4 huruf dan 2 huruf. penyusunanannya konsonan (K )+Vokal (V) + (K) (bang) = susunan 3 huruf. (K)+(V) (gi) = susunan 2 huruf .(K)+(V)+(K)+(K) (dark, baca; dak ,huruf L dihilangkan ) = susunan 4 huruf.
dalam menggabungkan huruf mati dengan huruf hidup partikel ( 0 ) diawal huruf hidup itu harus dihilangkan kecuali berdiri sendiri atau di awal kata/kalimat.
anda bisa mencoba  mengabungkan hangul korea yang lain dan coba baca baik kalimat bahasa indonesia ataupun bahasa korea.
semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahasa Korea

  Mengenal Bahasa Korea dan mempelajari bahasa korea,paling tidak kita harus mengenal beberapa kata dasar bahasa Korea itu sendiri.di bahasa korea sendiri,ada ucapan yang baku dan tidak pernah berubah dalam situasi apa pun baik siang maupun malam.Ada beberapa teman kita ( orang indonesia ) yang menerjemahkan kata kata yang sama sekali berarti lain dalam kehidupan nyata di korea.     Salah satu contohnya ,annyeong haseyo ( 안녕 하세요 ) banyak yang mengartikan apa kabar,"itu saya liha di beberapa blog yang membahas belajar bahasa korea".pada dalam kehidupan nyata di korea sana bukan berarti apa kabar,arti yang sebenarnya

Bahasa Korea Dalam Kehidupan Sehari Hari

Dalam mempelajari bahasa korea untuk kehidupan sehari hari kita bisa langsung belajar tentang percakapan ,tapi alangkah baiknya kalau kita sudah mengenal huruf dasar dari bahasa korea itu sendiri yaitu Hangeul.kenapa harus lebih dulu mempelajari Hangeul,karena itu merupakan dasar dalam mempelajari bahasa korea untuk kehidupan sehari hari. Dengan mengenal Hangeul , kita jadi lebih mudah mengeja dan membaca kalimat dalam bahasa korea. Perlu di ketahui kehidupan sehari hari di korea kita selalu di   suguhi informasi dalam bentuk huruf Hangeul, seperti penunjuk jalan,nama nama jalan dan juga nama nama gedung perkantoran dan pertokoan semuanya dalam bentuk Hangeul,ada sih emang yang kombinasi dengan huruf latin itupun dalam bahasa inggris dan sangat sedikit sekali. Dalam kehidupan sehari hari berbahasa korea,ada beberapa kalimat positif atau negatif untuk menyangkal dan juga   yang menunjukan keterangan tentang waktu. Kalimat positif dan menyangkal Untuk membuat kalimat positi

Belajar Bahasa Korea Online

Kata penghubung dalam bahasa korea “ 그리고 ” ( Geurigo ) Dalam belajar bahasa korea online maupun offline ,baik yang sudah mahir atau pun yang masih tahap dasar ada baiknya mengenal satu kata ini yaitu; 그리고 ,baca Geurigo.mungkin bagi yang belum tahu apalagi belum pernah belajar bahasa korea dasar,akan bingung apa arti dari kata ter sebut,tapi bagi anda yang ingin belajar bahasa korea online dapat menemukan jawabannya disini. Geurigo dalam bahasa korea adalah sebagai penghubung,digunakan untuk menggabungkan dua kalimat yang setara atau menunjukan urutan suatu kejadian,yang arti dalam bahasa indonesianya, ( DAN –JUGA ) Sebagai contoh : 보통 아침에 빵을 먹어요 , 그리고 우유를 마셔요 .                   Baca : bothong achime pangeul mogoyo, geurigo uyu reul masyeo yo                            (biasanya makan roti di pagi hari, dan juga minum susu ) Penjelasannya,