Langsung ke konten utama

Tips Kerja Korea

   Prosedur kerja ke korea secara legal / resmi sebenarnya mudah dan murah.Banyak di luar sana teman teman kita yang ingin kerja ke korea tapi nggak tahu proses secara resmi untuk bekerja ke korea,sehingga akhirnya jadi makanan empuk para pialang TKI atau sponsor atau calo atau apalagi namanya.........
  Beberapa kasus yang saya temui ada salah satu sponsor yang menjanjikan bisa memberangkatkan kerja ke Korea,dengan biaya antara 25 juta sampai 40 juta ,..." enak amat yah...!
Ada lagi seorang sponsor atau calo yang menawarkan kerja ke Korea melalui Lembaga kursus bahasa Korea.
Dengan biaya 6 juta ,itu hanya untuk kursusnya saja selama kurang lebih 40 hari.Dengan jaminan
bisa dan lulus test bahasa Korea / KLPT.
  Tapi kenyataannya banyak yang nggak lulus atau nilainya di bawah standar,dari yang di tetapkan.Coba bisa di bayangkan berapa kerugian para calon TKI korea dan berapa keuntungan para sponsor dan Lembaga kursus bahasa itu.
Sebagai rasa keprihatinan saya,maka tulisan ini saya buat,khususnya kepada teman teman calon TKI Korea yang bekerja ke Korea.
  Prosedur resminya adalah begini ,ada beberapa tahap yang harus di lalui untuk kerja ke Korea,di antaranya 
  • Calon TKI Korea harus mendapatkan informasi baik melalui media masa atau internet di www.bnp2tki.go.id kapan akan di adakan pembukaan lowongan kerja ke Korea.
  • Calon TKI Korea mendaftar dan mengikuti test bahasa Korea.Untuk mendapatkan sertifikat bahasa Korea / KLPT.karena ini persyaratan mutlak,dan utama .
  • Bagi yang lulus test KLPT,segera kirim kirim formulir pendaftaran disertai kelengkapan persyaratan lainnya,kirim lewat pos ke PO BOX . 4551 JKTM.
  • Sending data ke Korea ,calon TKI Korea bisa melihat di internet datanya apakah sudah di sending atau belum.
  • Menunggu SLC ( standar labor contract ) turun,karena sudah bisa di pastikan kalau data kita sudah tersending ( terkirim ) ke Korea akan ke luar SLC.bisa di lihat di Internet.
  • Setelah SLC keluar calon TKI Korea akan mendapatkan Visa bisa di lihat di Internet.
  • Bagi yang Visa nya sudah keluar akan mengikuti preliminary training selama 1 minggu,dan mengikuti medical chek up ,bayar Asuransi,Tiket,Airport Tax.
  • Setelah tahapan di atas dilalui semua baru deh ,calon TKI Korea berangkat alias terbang ke Korea.
  • Setibanya di Korea ,di Training lagi 2 hari dan medical check up ulang kalo sehat kerja kalo tidak sehat di deportasi ke indonesia.
Saya rasa sedikit informasi ini semoga berguna ,bagi yang belum tahu proses kerja ke Korea dan bagi yang berminat ingin kerja ke Korea.Agar jangan sampai tertipu para sponsor dan para calo,serta terhindar dari bisnis perdagangan orang ( human traficking ).



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahasa Korea

  Mengenal Bahasa Korea dan mempelajari bahasa korea,paling tidak kita harus mengenal beberapa kata dasar bahasa Korea itu sendiri.di bahasa korea sendiri,ada ucapan yang baku dan tidak pernah berubah dalam situasi apa pun baik siang maupun malam.Ada beberapa teman kita ( orang indonesia ) yang menerjemahkan kata kata yang sama sekali berarti lain dalam kehidupan nyata di korea.     Salah satu contohnya ,annyeong haseyo ( 안녕 하세요 ) banyak yang mengartikan apa kabar,"itu saya liha di beberapa blog yang membahas belajar bahasa korea".pada dalam kehidupan nyata di korea sana bukan berarti apa kabar,arti yang sebenarnya

Bahasa Korea Dalam Kehidupan Sehari Hari

Dalam mempelajari bahasa korea untuk kehidupan sehari hari kita bisa langsung belajar tentang percakapan ,tapi alangkah baiknya kalau kita sudah mengenal huruf dasar dari bahasa korea itu sendiri yaitu Hangeul.kenapa harus lebih dulu mempelajari Hangeul,karena itu merupakan dasar dalam mempelajari bahasa korea untuk kehidupan sehari hari. Dengan mengenal Hangeul , kita jadi lebih mudah mengeja dan membaca kalimat dalam bahasa korea. Perlu di ketahui kehidupan sehari hari di korea kita selalu di   suguhi informasi dalam bentuk huruf Hangeul, seperti penunjuk jalan,nama nama jalan dan juga nama nama gedung perkantoran dan pertokoan semuanya dalam bentuk Hangeul,ada sih emang yang kombinasi dengan huruf latin itupun dalam bahasa inggris dan sangat sedikit sekali. Dalam kehidupan sehari hari berbahasa korea,ada beberapa kalimat positif atau negatif untuk menyangkal dan juga   yang menunjukan keterangan tentang waktu. Kalimat positif dan menyangkal Untuk membuat kalimat positi

Belajar Bahasa Korea Online

Kata penghubung dalam bahasa korea “ 그리고 ” ( Geurigo ) Dalam belajar bahasa korea online maupun offline ,baik yang sudah mahir atau pun yang masih tahap dasar ada baiknya mengenal satu kata ini yaitu; 그리고 ,baca Geurigo.mungkin bagi yang belum tahu apalagi belum pernah belajar bahasa korea dasar,akan bingung apa arti dari kata ter sebut,tapi bagi anda yang ingin belajar bahasa korea online dapat menemukan jawabannya disini. Geurigo dalam bahasa korea adalah sebagai penghubung,digunakan untuk menggabungkan dua kalimat yang setara atau menunjukan urutan suatu kejadian,yang arti dalam bahasa indonesianya, ( DAN –JUGA ) Sebagai contoh : 보통 아침에 빵을 먹어요 , 그리고 우유를 마셔요 .                   Baca : bothong achime pangeul mogoyo, geurigo uyu reul masyeo yo                            (biasanya makan roti di pagi hari, dan juga minum susu ) Penjelasannya,